Unair Siap Go Global! Workshop ‘Toward Excellence’ Banjir Antusiasme Peserta

SURABAYA, Sabtu 21 September 2024 – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Airlangga (Unair), baru saja menggelar workshop spektakuler bertajuk “Toward Excellence: Workshop on Journal Publishing Best Practices” yang langsung menyedot perhatian para akademisi. Bertempat di Aula Tirto FEB Unair, acara ini menghadirkan sederet pembicara top yang siap membongkar rahasia sukses menembus jurnal nasional maupun internasional, serta memberikan tips jitu cara menyelesaikan tesis dengan cepat dan efektif. 

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 60 peserta, yang didominasi oleh mahasiswa S2 Magister Manajemen (MM) FEB Unair. Dalam suasana yang penuh semangat, workshop ini tak hanya fokus pada teknik menulis artikel ilmiah yang inovatif dan relevan dengan standar internasional, tetapi juga menjadi jembatan mediasi penulisan tesis antara mahasiswa dengan dosen. 

Unair Menuju Peringkat Kelas Dunia!

Dibuka secara resmi oleh Ketua Himpunan Mahasiswa S2 Magister Manajemen FEB Unair yaitu Aldo Lovely Arief Suyoso (Aldo), acara ini bertujuan untuk mendukung Unair agar semakin maju dan layak menyandang sebutan World Class University. Dalam sambutan lain, Ketua Acara, Fadilah Nur Achzuhra (Dila), juga menegaskan bahwa pelatihan ini sengaja dirancang untuk memperkuat daya saing akademik dan mendorong karya-karya mahasiswa Unair agar lebih berkualitas serta dikenal luas di kancah global.

“Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kita harus siap bersaing dan menjadi bagian dari perubahan besar menuju kampus kelas dunia,” ujar Dila penuh semangat.

Deretan Narasumber Kelas Dunia!

Sesi demi sesi berjalan penuh dengan ilmu dan strategi menulis berkualitas dari narasumber hebat:

  1. Dr. Masmira Kurniawati, SE., M.Si. – Kepala Program Studi S2 Magister Manajemen FEB Unair, memberi arahan terkait bagaimana alur penulisan tesis yang baik.
  2. Dr. Tri Siwi Agustina, SE., M.Si. – Narasumber atraktif ini memberikan insight brilian tentang penulisan artikel ilmiah dengan metode yang lebih efisien dan efektif.
  3. Febriana Wurjaningrum, SE., MT. – Menjadi salah satu dosen pendamping dalam membagikan wawasan terkait publikasi artikel ilmiah dan tips konkret dalam menyusun artikel yang memiliki daya tarik global.

Peserta: Kapan Lagi Bisa Tanya Langsung ke Ahlinya?

Bukan hanya suasana yang seru dan produktif, acara ini meriah berkat antusiasme peserta yang begitu aktif bertanya dan berdiskusi. “Kapan lagi bisa nanya langsung ke pakar-pakar artikel ilmiah? Acara ini benar-benar wadah dan kesempatan yang bagus! Saya juga menyukai sharing bersama rekan-rekan ahli, jadi mohon dimaklumi jika saya tadi sedikit atraktif waktu presentasi di depan” ujar Nia yang merupakan salah satu peserta yang tak ingin melewatkan dalam meramaikan momen ini.

Peserta juga diajak untuk langsung mempraktikkan strategi menulis, mulai dari memilih topik dan jurnal yang menarik hingga tips submit artikel ke jurnal internasional. Tidak heran, acara ini juga sempat ramai di media sosial kampus karena banyak peserta yang membagikan pengalaman mereka di status Instagram.

Penutupan yang Membekas!

Setelah melalui sesi-sesi inspiratif dan diskusi mendalam, acara ini ditutup dengan suasana hangat dan penuh optimisme. Peserta tak hanya membawa pulang ilmu baru, tetapi juga diberi grup tutor pasca acara untuk mengawal karya mereka, yang menjadi bukti bahwa mereka siap untuk menaklukkan dunia akademik. Panitia penyelenggara acara juga memberi fasilitas berupa pelayanan garansi untuk membimbing manuskrip para peserta hingga ‘submit’, didukung oleh para dosen yang komitmen untuk membimbing mahasiswa dengan sepenuh hati.

Dengan berakhirnya workshop publikasi artikel ilmiah ini, Hima MM FEB Unair menyatakan siap mendukung penuh kampus tercinta Unair agar semakin dekat menuju panggung dunia. “Kita sudah melangkah lebih jauh dari sekadar world class university, kita adalah penggerak inovasi!” tegas Aldo dengan penuh keyakinan.

Baca Berita Menarik Lainnya Di Google News